Tips Merawat Cash Flow Bagi Pencinta Otomotif Mobil

Tips Merawat Cash Flow Bagi Pencinta Otomotif Mobil

Tips Merawat Cash Flow Bagi Pencinta Otomotif Mobil – Banyak pengusaha yang hanya mementingkan dan mengincar keuntungan yang tinggi, namun tidak terlalu memperhatikan arus kas.

Tips Merawat Cash Flow Bagi Pencinta Otomotif Mobil

Tips Merawat Cash Flow Bagi Pencinta Otomotif Mobil

rubiconraceteam – Simak 8 tips arus kas berikut ini agar bisnis Anda tetap sehat.

Branding dalam bisnis sangatlah penting.

Merek yang dibangun dengan baik biasanya diikuti dengan penjualan yang tinggi sehingga meningkatkan pendapatan. Namun jika pengelolaan arus kas perusahaan tidak dikelola dengan baik dan benar maka perusahaan akan segera bangkrut.

Banyak juga kasus dimana perusahaan bangkrut, walaupun keuntungannya tinggi, namun arus kasnya terhenti, sehingga operasional terhenti, manajemen tidak mampu membayar gaji, tagihan menumpuk, sehingga bottom line perusahaan turun. Agar arus kas bisnis Anda tetap sehat, ada baiknya Anda mengetahui 8 tips menjaga arus kas atau cash flow bisnis berikut ini.

Menentukan prioritas pengeluaran

Pada dasarnya setiap pengeluaran mempunyai tingkat prioritas yang harus diperhitungkan dengan benar. Ada pengeluaran yang mempunyai pengaruh besar terhadap kemajuan perusahaan dan ada juga pengeluaran yang tidak mempunyai pengaruh besar terhadap usaha.

Jadi sebelum memutuskan menggunakan uang tunai, coba dulu apakah penting dan bisa mengembangkan usaha atau bisa ditunda pengeluarannya? Mengetahui biaya produksi dan total biaya untuk menjaga arus kas bisnis
Pengetahuan detail mengenai total biaya dalam suatu periode produksi dapat mencegah kesalahan harga jual.

Dengan perhitungan harga jual yang tepat ditambah keuntungan perdagangan, arus kas perusahaan Anda tetap baik. Cara lain untuk menarik banyak pembeli adalah dengan memberikan diskon pada produk yang Anda jual, namun perlu diingat bahwa harga diskon tidak boleh lebih rendah dari harga dasar.

Penerapan strategi bundling produk

Bundling atau penggabungan produk merupakan salah satu strategi penjualan yang menarik bagi konsumen. Dengan hanya membeli satu produk, konsumen menerima kombinasi beberapa produk. Keuntungan bagi pemilik usaha adalah semakin banyak produk yang dapat terjual sehingga meningkatkan arus kas perusahaan. Misalnya, restoran biasanya menawarkan makanan dan minuman dengan harga lebih murah dibandingkan menu biasa.

Melakukan penawaran harga lebih tinggi

Besarnya keuntungan yang diterima ditentukan oleh harga jual produk. Anda juga bisa mendapatkan keuntungan yang tinggi dengan harga yang tinggi. Artinya, ketika konsumen menawar, harga tidak akan menyimpang dari harga awal yang ditetapkan.

Namun Anda juga perlu memastikan bahwa harga yang Anda tetapkan tidak jauh dari harga dasar pasar. Selain itu, Anda dapat memikat konsumen agar membeli produk Anda dengan harga lebih tinggi dengan menawarkan diferensiasi dari produk lain dalam hal kemasan yang menarik, pelayanan, bonus dan lain-lain.

Mendorong pembelian berulang

Semakin banyak produk yang Anda jual, semakin banyak penghasilan Anda. Dengan mendorong pembelian berulang, lebih banyak produk dapat terjual. Cara termudah untuk menarik pembelian berulang misalnya dengan penawaran program bonus beli 10 setiap 2 bulan.

Menunda Peningkatan Persediaan

Persediaan yang Anda miliki dalam bisnis Anda sangat penting bagi bisnis Anda, tetapi Anda harus mengeluarkan arus kas dalam jumlah besar untuk meningkatkan inventaris bisnis Anda, sehingga berdampak pada bisnis Anda.

Jika menambah persediaan tidak terlalu mempengaruhi laba Anda, lebih baik tunda dulu pembeliannya dan tunggu hingga arus kas perusahaan Anda surplus besar.

Saat ini Mekari Jurnal sudah terintegrasi dengan teknologi berbasis kecerdasan buatan yang membantu analisis laporan keuangan lebih mendalam khususnya arus kas dan laba rugi melalui fitur Airene. sehingga Anda dapat menemukan tren baru yang akan membantu Anda mengembangkan strategi pembiayaan bisnis yang lebih optimal.

 

Baca juga : Rekomendasi Game Otome Android Seru

 

Gunakan Jurnal untuk Melacak Arus Kas Bisnis Anda

Mengelola keuangan bisnis tidak boleh sembarangan. Karena akibatnya sangat mempengaruhi kemajuan usaha. Sebaiknya gunakan software akuntansi online seperti Jurnal untuk memudahkan membaca transaksi masuk dan keluar pada arus kas perusahaan Anda.

Jurnal adalah software akuntansi online yang membantu Anda menyelesaikan permasalahan akuntansi bisnis Anda. Di Jurnal, Anda juga dapat melihat arus kas atau arus kas keuangan perusahaan Anda secara real time, dimana saja dan kapan saja.

Daftar sekarang dan nikmati uji coba gratis aplikasi perdagangan selama 14 hari untuk pengguna baru. Periksa juga aplikasi inventaris untuk mengelola inventaris produk perusahaan Anda.

 

Merawat Cash Flow

 

Berikut tips yang bisa diterapkan oleh pengemudi:

1. Buatlah anggaran sendiri untuk hobi Anda

Setelah memenuhi kebutuhan pokok lainnya, Anda dapat membuat anggaran khusus yang berkaitan dengan hobi mobil Anda, seperti kebutuhan bahan bakar, perawatan rutin, asuransi, perbaikan/penggantian suku cadang, sampai dengan perlunya modifikasi.

2. Melakukan perawatan rutin

Prosedur perawatan rutin seperti penggantian oli, penggantian ban dan filter dapat menjaga performa kendaraan dan meminimalkan biaya anggaran tambahan. Manfaatkan layanan perawatan gratis dealer di bengkel resmi setelah pembelian kendaraan hingga usia kendaraan beberapa tahun.

3. Memilih bahan bakar yang tepat

Memilih bahan bakar dengan nilai oktan yang sesuai dengan karakteristik mesin kendaraan untuk menjaga performa kendaraan dan mencegah kerusakan pada komponen mesin kendaraan. Angka oktan dan rasio kompresi suatu kendaraan hendaknya berbanding lurus, dimana semakin tinggi rasio kompresi kendaraan maka dibutuhkan bahan bakar dengan oktan yang semakin tinggi.

4. Beli perlengkapan mobil secara hemat

Agar tidak impulsif dan mengganggu arus kas keuangan Anda, carilah penawaran atau promosi dari beberapa toko suku cadang atau modifikasi dan bandingkan informasi teknis dan harga yang ditawarkan. Selain itu, berbelanja saat acara khusus juga bisa menjadi peluang mendapatkan diskon atau bonus tertentu.

5. Bergabung dengan komunitas otomotif

Selain menjalin relasi, bergabung dengan komunitas otomotif dapat memberikan keuntungan lain, seperti kemudahan akses informasi suku cadang tertentu dan diskon khusus dari bengkel yang direkomendasikan.

6. Dapatkan Asuransi Kendaraan

Tips terakhir yang berdampak besar adalah asuransi kendaraan. Dengan mengontrak asuransi kendaraan, Anda dapat menghindari biaya finansial jika terjadi kecelakaan atau kerusakan yang tidak terduga pada kendaraan. Pilih polis asuransi yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial Anda.