Menperin Dukung Pengembangan Ekosistem Industri Bermotor

Menperin Dukung Pengembangan Ekosistem Industri Bermotor

Menperin Dukung Pengembangan Ekosistem Industri Bermotor – Kementerian Perindustrian terus mendukung aktivitas industri modifikasi kendaraan Indonesia agar dapat tumbuh dan berkembang dengan kreativitas dan inovasi yang berbeda. Tumbuhnya industri sektor modifikasi otomotif kini telah membawa nilai tambah dan multiplier effect bagi perkembangan industri aftermarket kendaraan tanah air, khususnya usaha kecil dan menengah (UKM), bahkan membuka peluang bagi pengembangan kendaraan listrik. lokakarya konversi.

Menperin Dukung Pengembangan Ekosistem Industri Bermotor

Menperin Dukung Pengembangan Ekosistem Industri Bermotor

rubiconraceteam – Kami berharap keinginan dan impian para modder Indonesia menjadi kekuatan untuk mencapai visi kami dalam mempercepat pertumbuhan industri otomotif dalam negeri.” untuk bersaing di kancah internasional,” kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita pada konferensi pers pra-acara “Indonesia Grand Sabre” di Osaka, Jakarta, Jepang, Rabu (24 Januari). Menurutnya, modifikasi merupakan hobi yang bagus karena memiliki potensi finansial yang cukup besar. Oleh karena itu dapat didorong sebagai industri tersendiri. “Perlu juga dikembangkan ekosistem industri ini, khususnya yang berbasis inovasi,” ujarnya.

Agus menegaskan, pihaknya sangat mengapresiasi National Modification and Aftermarket Association (NMAA) yang senantiasa aktif dalam pengembangan industri mobil berbasis modifikasi dengan menyelenggarakan pameran di Indonesia dan mengikuti ajang internasional.

“Kami turut bangga kepada para modder atau modder atas dedikasi dan kontribusinya yang telah membuat dunia modding begitu menarik dan cepat,” ujarnya.

 

Baca Juga : Rekomendasi Game 3DS Yang Bisa Dimainkan

 

Tahun lalu, Menteri Perindustrian menghadiri pembukaan resmi Indonesia Modification and Lifestyle Expo (IMX) 2023 yang dipimpin oleh NMAA. “Dalam acara tersebut saya sangat melihat kreatifitas dan antusiasme yang besar dari anak-anak bangsa dalam menciptakan karya dan produk inovatif otomotif yang luar biasa.

Selain itu, saya juga sangat menantikan IMX tahun ini, bisa memberikan kejutan lagi bagi saya dengan produk-produk inovatif dan bahkan lebih banyak lagi. modifikasi pada yang akan dilaksanakan pada bulan Oktober tahun ini. Menperin juga berpesan kepada NMAA untuk selalu bersemangat memajukan industri modifikasi Indonesia di dunia internasional.

 

Pengembangan Ekosistem Industri Bermotor

 

“Tunjukkan bakat dan kreatifitas anak bangsa. Menambah kebanggaan kita terhadap keanekaragaman budaya dan kearifan lokal masyarakat Indonesia. Ubah keberagaman kita menjadi ide editorial kreatif yang tidak dimiliki negara lain. Nilai-nilai positif tersebut pada akhirnya akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi bangsa Indonesia, jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, Menteri Perindustrian menantang trafo untuk mendukung terciptanya kendaraan rendah emisi. Hal ini merupakan tanda nyata percepatan pengurangan gas rumah kaca. Pendiri
NMAA Andre Mulyadi mengumumkan bahwa IMX memasuki babak baru dalam sejarahnya dengan menghadirkan seri pertamanya ke Osaka Auto Messe.

Seri pertama dimulai dengan “Pedang Indonesia”. Pertunjukan ini merupakan ajang pemanasan menjelang ajang besar IMX 2024 “Road to The World” yang akan berlangsung pada tanggal 4-6. Oktober ICE, BSD.

“Pada saat yang sama, kami akan terus mendorong industri otomotif, khususnya perubahan nasional. “Kami berharap dengan hadirnya seri IMX 2024 pertama di Osaka Auto Messe ini tidak hanya mendorong produk-produk lokal terbaik untuk semakin maju, namun juga dapat mendorong munculnya beragam produk lokal modifikasi baru yang terinspirasi dari gerakan kreatif Sabre Great. Indonesia , ” jelasnya.

NMAA menghadirkan puluhan produk berkualitas tinggi ke dunia internasional untuk dipresentasikan melalui Osaka Auto Messe. Produk tersebut antara lain WetShine Car Care sebagai wax perawatan mobil. Berikutnya, merek sepeda lokal Turbo Bastard Wheel milik Gofar Hilman juga akan bermitra dengan Free Flow untuk memperkenalkan edisi eksklusif dan terbatas nanti di Osaka.

Selain itu Sabre juga meluncurkan produk terbarunya yaitu kaca film Sabre Optik. Salah satunya adalah Free Flow Kustom yang mengusung tema batik dan kearifan lokal dalam industri adat Indonesia, serta beberapa produk lainnya. “NMAA juga berkolaborasi dengan Shizka Prive sebagai desainer batik Indonesia yang mengikuti produk-produk terbaik Tanah Air dengan mengimpor batik bertema Batik Temptation yang selanjutnya akan dikenakan oleh para model di booth Indonesia di Osaka,” kata Andre.

Untuk kampanye “Sabre Granda de Indonesia” tahun ini, NMAA menghadirkan salah satu unit mobil pilihan milik Sabre Industries yaitu Mitsubishi Evolution IX, salah satu yang terbaik dalam program pemilihan mobil modifikasi yang dijalankan oleh IMX International. Produsen bus Sabre Industries menjadikan Mitsubishi Evolution IX sebagai produsen lampu lokal terbaik di Indonesia.

Kolaborasi ini juga dilakukan dengan produsen lampu Yoong Motor Indonesia dan beberapa konverter lainnya seperti Premium Auto Wrap dan artis lokal Free Flow yang memberikan tampilan berbeda pada mobil EVO ini di Negeri Sakura, dibalut dengan batik penuh kearifan lokal Indonesia.

“Kami sangat bangga bisa mewakili Indonesia di Osaka Auto Messe. “Sabre Industries akan terus memberikan yang terbaik bagi industri modding tanah air, baik produk lighting berkualitas maupun mobil modifikasi terbaik yang mampu mengharumkan nama para modder tanah air di kancah internasional,” ujar CEO Sabre Industries Vincent Mergonoto.