Suzuki Jimny Terbaru Dirilis Tahun 2024 Di Indonesia

Suzuki Jimny Terbaru Dirilis Tahun 2024 Di Indonesia

Suzuki Jimny Terbaru Dirilis Tahun 2024 Di Indonesia – Suzuki Jimny merupakan salah satu mobil SUV dan SUV keluaran Suzuki yang cukup ikonik dan memiliki segudang sejarah bahkan sejak generasi pertamanya dirilis pada tahun 1979 di Indonesia. Suzuki Jimny dikenal sebagai kendaraan segala medan yang terbukti lincah dan tahan lama di berbagai medan ekstrim.

Suzuki Jimny Terbaru Dirilis Tahun 2024 Di Indonesia

Suzuki Jimny Terbaru Dirilis Tahun 2024 Di Indonesia

rubiconraceteam – Dengan desain dan performanya yang berbentuk kotak yang khas dan ikonik serta berbagai fitur fungsional lainnya, tak heran jika mobil ini selalu berhasil menarik perhatian dan memberikan nilai nostalgia yang tetap membekas di hati para penggemarnya di setiap rilis terbarunya.

Sejauh ini, mobil mungil ini telah berhasil merilis empat generasi Jimny yang masing-masing memiliki ciri khas tersendiri. Bahkan kabar baiknya, Suzuki Jimny terbaru akan meluncur di Indonesia pada tahun 2024 setelah versi sebelumnya juga diluncurkan di ajang tahunan GIIAS (Gaikindo Indonesia International Auto Show) ICE, BSD City 2019.

Bagaimana sejarah perkembangan Suzuki Jimny yang bertahan kokoh selama lebih dari 40 tahun karena diwariskan dari generasi ke generasi? Simak ulasannya di bawah ini.

Generasi pertama 

Jimny dihadirkan pada tahun 1970. Awalnya Jimny generasi ini merupakan pengembangan dari small SUV HopeStar ON360 dari Hope Motor Company yang kemudian dibeli oleh Suzuki. Suzuki melakukan beberapa penyempurnaan pada mobilnya. Sedangkan untuk penyempurnaan terbaru, lahirlah Suzuki LJ80 sebagai generasi pertama Jimny.

 

Baca jugaa : Game Santai Android Yang Cocok Untuk Menghilangkan Stress

 

Jimny LJ80 series dirakit langsung di Indonesia oleh PT Indo Mobil Utama dan resmi dirilis pertama kali pada tahun 1979 di Indonesia. Di beberapa daerah, jeep kecil ini dijuluki “Jimny Kotrik” atau “Jimny Jangkrik” bermesin 4 silinder berkapasitas 800 cc. Mobil berpenggerak empat roda (4WD) ini juga memiliki model turunan yang diproduksi hingga tahun 1981, yaitu LJ80V versi hardtop dan LJ80Q versi kanvas/soft top dengan pintu metal.

Generasi Kedua 

Jimny diluncurkan pada tahun 1982 dengan kode SJ410 atau dikenal dengan Jimny Katana di Indonesia. Mesin Jimny Katana ditingkatkan dari 4×4 menjadi 4×2 dengan kapasitas 1.000 cc dan mampu menghasilkan tenaga 45 tenaga kuda dengan kecepatan maksimal 109 km/jam (kilometer per jam). Sesuai tipenya, Jimny Katana tersedia dalam beberapa pilihan bodi mulai dari hard (van), half door convertible (soft) hingga van. Kehadiran katana dengan layar cahaya berbentuk kotak mampu membawa Jimny kembali ke puncak popularitas saat itu, karena mampu menarik banyak peminat.

Pada generasi kedua ini, Suzuki juga merilis Jimny wheelbase panjang atau disebut “Jimny Long” sebagai mobil yang mampu menjelajahi daerah terpencil dan sulit dijangkau sekalipun. Kemudian pada tahun 2004, Suzuki meluncurkan Jimny SJ413 alias “Jimny Caribbean” dengan model berbeda yaitu double cab mirip truk dengan kapasitas mesin 1300cc.

 

Suzuki Jimny Terbaru

 

Generasi ketiga Jimny

generasi ketiga diperkenalkan di Jepang pada tahun 1998 dengan kode JB33. Namun di Indonesia sendiri, Jimny generasi ketiga baru diluncurkan pada ajang GIIAS 2017 dan dihadirkan sebagai SUV off-road modern. Dikenal dengan sebutan “Jimny Wide”, Suzuki Jimny memiliki tampilan yang lebih eksklusif dengan desain yang lebih modern, namun tetap memiliki nuansa ikonik dan khas. Mobil ini juga dilengkapi dengan ban berukuran 205/70 R15, serta Rail Roof Rack dan ban serep belakang. Selain itu, Jimny Wide masih mempertahankan upgrade mesin 1.300cc untuk penggerak semua roda (AWD) pada sistem penggeraknya. Namun penjualannya sangat terbatas di Indonesia, hanya tersedia 88 unit dengan harga Rp 285 jutaan.

Generasi keempat

Jimny generasi keempat dihadirkan pada tahun 2018 di Jepang. Di Indonesia sendiri, Suzuki Jimny generasi keempat terbaru hadir pertama kali di ajang GIIAS 2019 dan berhasil mendapatkan respon positif dari para penggemarnya. Suzuki Jimny menggunakan mesin dengan kode K15B yang memiliki kapasitas silinder lebih besar dibandingkan generasi sebelumnya yakni 1.500 cc. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga 102bhp pada 6000rpm dan torsi 130Nm pada 4000rpm. Jimny generasi keempat juga dibekali suspensi 3-Link Rigid Axle yang mampu meredam guncangan saat berkendara di jalanan kasar. Semua fungsi tersebut didukung oleh mode empat roda, dengan tambahan fungsi All Grip Pro 4WD yang memberikan pengemudi kendali penuh dalam memilih gaya berkendara yang sesuai dengan kebutuhannya.

Pada tahun 2023, Suzuki juga akan meluncurkan Jimny versi 4 tempat duduk baru yang lebih tangguh dan lincah. Suzuki Jimny 2023 mengusung desain eksterior dan interior yang lebih modern, bagasi lebih lebar serta beberapa fitur keselamatan dan keamanan yang lebih efektif seperti dual airbag, rem anti selip LSD, ABS, ESP, HDC, HHC dan ISOFIX untuk menunjang keselamatan anak muda. yang. anak-anak Suzuki Jimny 2023 dibanderol Rp 400 jutaan (OTR Jakarta).

Tak hanya itu, Suzuki nampaknya cukup serius mengembangkan SUV Jimny khususnya di Indonesia. Bahkan kabar baiknya, Suzuki Jimny terbaru yang berkapasitas 5 tempat duduk atau dikenal dengan nama Suzuki Jimny XL juga akan dihadirkan pertama kali di Indonesia pada IIMS (Indonesia International Motor Show) 2024 mendatang. sebelumnya dipasarkan di Australia. Nantinya Jimny XL akan diluncurkan di Indonesia dengan harga Rp 443,9 juta untuk tipe MT satu ton dan Rp 460,5 juta untuk tipe AT dua ton. Beberapa spesifikasi baru Suzuki Jimny XL antara lain dua transmisi (manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan) dengan tambahan fitur keselamatan seperti keselamatan aktif, pengereman darurat otonom, kontrol jelajah adaptif, dan peringatan keberangkatan jalur.

Suzuki Jimny memiliki 11 keunggulan antara lain:

  • Gril ikonik dengan tampilan kokoh dan sporty serta bumper berlapis ganda anti gores.
  • Lampu proyektor LED dengan fungsi penghalusan, cahaya lebih terang, lebih fokus, dan lebih hemat energi. Dilengkapi dengan fungsi leveling untuk mengatur tinggi dan rendahnya pencahayaan.
  • Head washer yang membersihkan lampu dari cipratan/kotoran.
    Lampu kabut, membantu menerangi jalan berkabut atau hujan.
    Rel tetesan mencegah air masuk ke kabin saat Anda menutup/membuka pintu.
  • High Mount Stop Lamp, memberi isyarat saat mobil mengerem untuk alasan keselamatan.
  • Knalpot belakang, mengurangi kabut/kabut.
  • Kaca spion luar dicat hitam, kaca spion dapat disetel dan disetel secara elektrik dari dalam.
  • Bumper pengabaian dengan perpanjangan roda melindungi bodi mobil dari gesekan atau benturan batu.
  • Tiga putaran, panjat rintangan dan bukit terjal tanpa mengkhawatirkan bagian bawah bemper atau bodi.
  • Velg abu metalik tua dengan ban 195/80 R15, desain sporty, cengkeraman kuat dan stabil.

Harga Suzuki

  1. Jimny MT (Single Tone) : Rp 442.000.000
  2. Jimny AT (Single Tone) : Rp 456.600.000
  3. Jimny MT (Two Tone) : Rp 445.900.000
  4. Jimny AT (Two Tone) : Rp 458.600.0