Teknis Mobil Listrik BYD Seal Yang Masuk ke Indonesia

Teknis Mobil Listrik BYD Seal Yang Masuk ke Indonesia

Teknis Mobil Listrik BYD Seal Yang Masuk ke Indonesia – BYD (Build Your Dreams) akan meluncurkan merek dan produk mobil listriknya sendiri di Indonesia pada Kamis, 18 Januari 2024. Pace Berdasarkan informasi dari dealer BYD di Tangsel, maka Tiga mobil yang akan diluncurkan adalah BYD Seal, Dolphin, dan Atto 3.

Teknis Mobil Listrik BYD Seal Yang Masuk ke Indonesia

Teknis Mobil Listrik BYD Seal Yang Masuk ke Indonesia

rubiconraceteam – Sang penjual mengungkapkan, spesifikasi ketiga mobil yang diluncurkan di Indonesia kurang lebih sama dengan versi global. Hanya ada sedikit perbedaan dan penyesuaian pada karakteristik mobil.

“Tidak ada pengurangan keamanan, hanya sedikit perbedaan fungsi. Dari segi performa dan teknologi baterai, semuanya sama,” ujarnya saat dihubungi Time hari ini, Senin 15 Januari 2024.

Dari segi spesifikasi global, BYD Seal dibekali motor listrik delapan-dalam-satu yang menghasilkan tenaga setara 230 kW atau 313 hp. versi penggerak roda belakang. Sedangkan tenaga gabungan penggerak empat rodanya adalah 390 kW atau setara 530 tenaga kuda.

Sedan listrik ini berakselerasi 0-100 km/jam dalam waktu 3,8 detik. Pada saat yang sama, kecepatan maksimum Seal dibatasi hingga 180 kilometer per jam.

BYD Seal merupakan perangkat Blade LFP berkapasitas 82 kWh yang mampu menjangkau hingga 570 km dalam sekali pengisian daya. Sebuah mobil dapat dibayar mulai 30% hingga 80% dalam 26 menit dengan DC Lease.

Sedangkan BYD Dolphin dibekali baterai LFP lead-acid 60 kWh yang mampu menjangkau hingga 427 km. Menggunakan pengisi daya DC, dibutuhkan waktu 29 menit untuk mengisi daya dari 30% hingga 80%.

Dolphin merupakan unit penggerak listrik dengan output tenaga 150 kW atau 204 HP dan torsi 290 Nm. Kecepatan tertingginya 160 km/jam dan akselerasi 0 hingga 100 km/jam mampu diselesaikan dalam 7 detik.

Kemudian BYD Atto 3 dibekali baterai BYD Blade Battey (LFP) berkapasitas 49,92 kWh dan 60,48 kWh serta jangkauan hingga 410 km dan 480 km. Mobil ini diklaim mampu menghemat efisiensi energi sebesar 14,9 kWh per 100 kilometer.

Atto 3 memiliki motor sinkron magnet permanen yang mampu menghasilkan tenaga 140 kW atau 201 tenaga kuda dengan torsi 310 Nm. Akselerasi 0-100 km/jam dicapai dalam 7,3 detik.

 

Baca juga : Situs Download Game PC Gratis 

 

Mobil BYD ini dilengkapi dengan beberapa fitur keselamatan dan bantuan pengemudi tingkat lanjut seperti peringatan tabrakan ke depan, pengereman darurat otonom, peringatan tabrakan belakang, peringatan lalu lintas lintas belakang dan pengereman lintas lalu lintas belakang, peringatan keberangkatan jalur dan pemeliharaan jalur bantuan

Selain itu, kontrol jelajah adaptif, sistem deteksi titik buta, sistem kontrol stabilitas elektronik, kontrol traksi, sistem manajemen kondisi, penahan kendaraan otomatis, dan deteksi rambu lalu lintas dengan fungsi batas kecepatan cerdas juga tersedia. Spesifikasi Seal

BYD

BYD Seal memiliki panjang 4800 mm, lebar 1875 mm, tinggi 1460 mm dan jarak sumbu roda 2920 mm. BYD Seal hadir dalam tiga versi yakni Seal Dynamic entry level, Seal Premium level menengah, dan Seal Performance kelas atas. BYD Seal terendah menggunakan baterai 61,4 kWh. Tertinggi pada saat yang sama adalah 82,6 kWh. Perusahaan mengklaim BYD Seal kelas atas mampu berakselerasi 0-100 km/jam dalam 3,8 detik.

 

Mobil Listrik BYD Seal

 

Pada saat yang sama, jarak maksimum yang ditempuh oleh satu muatan adalah 570 kilometer. Fungsinya cukup serbaguna, misalnya pengukur mobil sudah digital dan memiliki layar LCD 10,25 inci. Head-up display (HUD) merupakan layar sentuh berukuran 15,6 inci. BYD Seal sebelumnya dijual di Malaysia. Mobil ini akan dijual mulai dari 180.000 ringgit atau sekitar 603 juta rupiah.

Keunggulan aki mobil listrik, klaim BYD

Produsen mobil listrik asal China, BYD, bersiap memasuki pasar mobil Indonesia. BYD yakin produknya bisa diterima luas karena memiliki kualifikasi yang memadai. Direktur Pemasaran dan Komunikasi PT BYD Motor Indonesia Luther T Panjaitan mengatakan BYD merupakan perusahaan teknologi, mobil listrik hanyalah salah satu produk yang dihasilkannya.

“Kami adalah perusahaan teknologi dan kami menawarkan produk-produk inovatif, bukan hanya teknologi otomotif” Luther baru-baru ini mengatakan kepada Kompas.com.

Tentunya sebagai perusahaan teknologi tidak jauh dari penelitian dan pengembangan. Saat ini kami memiliki 90.000 peneliti dan 11 lembaga penelitian. Artinya, inovasi yang kami hasilkan dapat diterima secara global,” ujarnya. Luther menjelaskan, BYD saat ini beroperasi di empat industri yaitu kendaraan listrik otomotif, transportasi kereta api, energi terbarukan, dan elektronik.

Di industri otomotif, BYD mengklaim memiliki seluruh teknologi mobil listriknya. Mulai dari baterai, teknologi CTB, platform khusus mobil listrik hingga sistem manajemen bodi cerdas. Luther mengatakan baterai adalah salah satu keunggulan yang tidak dimiliki produsen lain. Selain itu, BYD saat ini merupakan produsen baterai kendaraan listrik terbesar kedua di dunia.

Sebagai produsen aki dan mobil listrik, BYD menggunakan aki terbaik yang dapat dipasang pada mobilnya. Bahkan, baterai ini diklaim paling aman pada mobil listrik di dunia saat ini.

“Salah satu produk yang kami buat saat ini adalah baterai blade,” kata Luther. “Saat ini, kami menyebut baterai terra sebagai baterai EV paling memuaskan di dunia karena telah lolos uji penetrasi, tusukan jarum, dan tahan panas,” ujarnya. “Baterai lain yang bisa ditusuk jarum bisa mencapai suhu 600 derajat dan meledak, namun baterai BYD tidak akan mengalami apa-apa karena suhu maksimalnya antara 60 derajat.

BYD menantang Tesla untuk menjadi raja mobil listrik di dunia

Pabrikan mobil Amerika Tesla memperkirakan kejutan di awal paruh kedua tahun 2022. Mereka bukan lagi merek mobil listrik terlaris di dunia. Posisi tersebut diambil alih oleh pabrikan mobil listrik asal China, BYD.

Sebelumnya, Tesla menjadi penjual mobil listrik pertama di dunia yang merugi pada paruh pertama tahun 2022. Mobil listrik Elon Musk terjual 564 ribu mobil pada Januari-Juni 2022. Penjualan BYD pada 2022 sebanyak 641.350 eksemplar pada saat yang sama. Angka penjualan BYD mencakup mobil baterai, hibrida plug-in, dan hidrogen.

Banyak orang menganggap perbandingan Tesla dan BYD tidak adil. Masalahnya Tesla hanya menjual kendaraan listrik (BEV). Pada saat yang sama, BYD juga menjual mobil hybrid plug-in dan kendaraan hidrogen. Namun kesuksesan BYD dipandang sebagai awal kesuksesan mereka merajai penjualan mobil listrik dunia di masa depan.

Keberhasilan BYD mengungguli Tesla dalam penjualan kendaraan energi terbarukan sebenarnya bukanlah suatu kejutan. BYD saat ini merupakan produsen mobil listrik terbesar di Tiongkok. Menurut situs Investor, Tesla dan BYD kini menjadi pemimpin di industri mobil listrik. Jauh di depan pabrikan kendaraan lain seperti Ford Motor