Penggunaan Data Dan Teknologi AI Untuk Industri Otomotif

Penggunaan Data Dan Teknologi AI Untuk Industri Otomotif

Penggunaan Data Dan Teknologi AI Untuk Industri Otomotif – Otomasi sangat penting bagi industri otomotif selama beberapa dekade namun ada perbedaan penting antara alat otomatisasi standar dan aplikasi AI baru. Otomatisasi tempat kerja melibatkan teknologi yang mengikuti jalur yang telah ditentukan; misalnya, mesin yang diprogram untuk melakukan tugas yang sama beberapa kali di jalur perakitan.

Penggunaan Data Dan Teknologi AI Untuk Industri Otomotif

Penggunaan Data Dan Teknologi AI Untuk Industri Otomotif

rubiconraceteam – AI, di sisi lain, menganalisis data untuk terus menyesuaikannya guna meningkatkan efisiensi dan memprediksi kejadian di masa depan. Karena AI dapat digunakan untuk memprediksi dan merespons perubahan skenario, kemampuannya melampaui apa yang hanya dapat dilakukan melalui aplikasi otomatisasi, manufaktur, pemeliharaan, dan pengalaman berkendara. Berikut lima kasus penggunaan AI di industri otomotif yang menunjukkan perlunya meningkatkan kualitas pekerja.

Perancangan dan Pengujian Kendaraan
Perancangan dan pengujian kendaraan tradisional merupakan upaya yang mahal dan memakan waktu – terutama bila masalah signifikan baru ditemukan setelah kendaraan fisik dibuat. Namun, pemodelan komputer biasanya digunakan untuk menangani skenario tertentu. AI Otomotif memungkinkan para insinyur otomotif menghasilkan model yang secara sempurna mencerminkan setiap aspek desain kendaraan, dan menguji kendaraan dalam skenario yang realistis dan dinamis jauh sebelum dibuat.

Peralatan Manufaktur
Meskipun robot jalur perakitan tradisional bukanlah contoh AI, penerapan AI baru di pabrik telah mengubah cara produksi mobil. BMW, misalnya, menggunakan robot bertenaga AI untuk membuat mobil khusus dan mengangkut material secara mandiri, menghindari benda dan manusia yang bergerak.

Karena alat-alat ini didukung oleh jaringan saraf (sejenis teknologi kecerdasan buatan), alat-alat ini terus belajar dari lingkungannya, sehingga memungkinkan mereka beradaptasi lebih cepat terhadap tantangan yang muncul.

Baca Juga :Daftar Alat White Label Terbaik Untuk Kecerdasan Buatan

Pengendalian Mutu
Karena tidak ada sistem produksi yang sempurna, penting untuk segera mengidentifikasi komponen dan kendaraan yang tidak sesuai dengan standar merek. Audi menggunakan visi komputer untuk mendeteksi bagian yang retak, dan Porsche menggunakan kecerdasan buatan selama pengujian untuk mendeteksi suara yang dapat mengindikasikan adanya masalah. AI dapat mendeteksi malfungsi hingga 90% lebih efisien dibandingkan manusia, sehingga sangat mengurangi masalah di masa depan.

Big data dalam industri otomotif
Big data telah menjadi kata kunci di berbagai industri selama beberapa waktu, dan untuk alasan yang baik. Istilah ini mengacu pada kumpulan data yang berisi lebih banyak variasi dan mencapai kecepatan dan volume lebih besar dari sebelumnya. Data ini terlalu besar dan rumit untuk metode pemrosesan data tradisional, yang memerlukan sistem statistik dan algoritma yang rumit.

Keahlian Big Data dan AI di Industri Otomotif
Emeritus menawarkan tim kursus online yang fleksibel dalam AI, ilmu data, dan analitik yang dirancang dan disampaikan melalui kerja sama dengan universitas terkemuka. Jadwalkan pertemuan untuk mempelajari bagaimana Emeritus dapat membekali insinyur otomotif organisasi Anda untuk angkatan kerja saat ini.

Keunggulan Kecerdasan Buatan dalam Industri Otomotif

Kecerdasan Buatan dalam Industri Otomotif Saat ini industri otomotif berlomba-lomba menghadirkan kendaraan dengan berbagai fitur canggih untuk generasi muda dan keluarga. Hal ini membuat para pengguna mobil semakin heboh, terutama berbagai produk dari pabrikan berbeda dengan fungsi dan teknologi berbeda yang terpasang pada kendaraannya.

Kecerdasan Buatan dalam Industri Otomotif Banyak merek kendaraan berbeda yang memiliki banyak fitur menarik di dalamnya, seperti pabrikan China seperti Wuling dengan perintah suara, pabrikan Amerika seperti Tesla dengan autopilot, Mercedes-Benz dengan pilot parkir, dan masih banyak lagi. Hal ini menunjukkan bahwa penyertaan berbagai fitur teknis kini menjadi senjata yang sangat efektif untuk memberikan pengalaman berkendara yang memuaskan, aman, dan nyaman.

Di era Revolusi Industri 4.0, Artificial Intelligence/Ai telah memberikan dampak positif di berbagai sektor usaha khususnya di industri otomotif. Namun tahukah Anda manfaat kecerdasan buatan dalam industri otomotif? Ayo tonton sampai akhir!

Baca Juga :Optimalisasi Kecerdasan Buatan Pada Industri Game

Keunggulan kecerdasan buatan dalam industri otomotif
Keselamatan
Salah satu keunggulan terpenting kecerdasan buatan dalam industri otomotif adalah keselamatan. Fungsi ADAS (Advanced Driver System) juga dapat dikembangkan oleh AI yang sangat berguna dalam kondisi lalu lintas Indonesia melalui pengereman otomatis. Fungsi ini melakukan pengereman otomatis untuk mengurangi kecepatan ketika jarak kendaraan di depan tidak aman, dengan mengutamakan keselamatan pengemudi dan penumpang.

Kinerja
AI juga dapat membantu meningkatkan penghematan bahan bakar dan mengurangi emisi. Nissan, misalnya, menggunakan kecerdasan buatan untuk mengembangkan kendaraan “pintar” yang dapat menyesuaikan tenaga mesinnya sesuai dengan kondisi berkendara. Tujuannya adalah untuk mengurangi konsumsi bahan bakar hingga 20%.

Efisiensi
Selain keselamatan dan efisiensi, AI juga dapat membantu meningkatkan kualitas kendaraan. BMW, misalnya, menggunakan kecerdasan buatan untuk mengembangkan sistem yang dapat mengoptimalkan tenaga mesin untuk berbagai kondisi berkendara. Tujuannya adalah untuk meningkatkan penghematan bahan bakar hingga 5%.

Mengemudi secara otonom
Salah satu bidang kecerdasan buatan yang paling menjanjikan dalam industri otomotif adalah mengemudi secara otonom atau otomatis. Beberapa perusahaan sudah mengembangkan sistem self-driving. Sistem ini menggunakan deep learning untuk mengolah data dari sensor dan kamera sehingga mobil dapat melaju sendiri.

Mobil Terhubung
Penerapan kecerdasan buatan lainnya dalam industri otomotif adalah mobil terhubung. Mobil yang terhubung dilengkapi dengan sensor dan kamera yang mengumpulkan informasi tentang mobil dan sekitarnya. Informasi ini kemudian dikirim ke komputer pusat yang memprosesnya menggunakan kecerdasan buatan. Mobil yang terhubung bertujuan untuk meningkatkan keselamatan, efisiensi, dan kinerja.

Prediksi Waktu Servis
AI juga dapat digunakan untuk memprediksi interval servis. Fitur ini menggunakan data sensor untuk memprediksi kapan mobil perlu diservis. Informasi ini kemudian dapat digunakan untuk merencanakan pemeliharaan sebelum terjadi masalah.

Personalisasi
AI dapat digunakan untuk menyesuaikan pengalaman pengemudi dan penumpang. Misalnya, Audi sedang mengembangkan sistem menggunakan kecerdasan buatan yang dapat mengatur suhu interior, musik, dan fungsi lain pada mobil sesuai dengan preferensi pengemudi dan penumpang. Tujuannya adalah untuk memberikan pengalaman yang lebih nyaman dan menyenangkan.

Kepuasan pelanggan
AI juga dapat membantu meningkatkan kepuasan pelanggan. Misalnya, Mercedes-Benz menggunakan kecerdasan buatan untuk mengembangkan sistem yang dapat memberikan informasi tentang mobil dan sekitarnya serta menjawab pertanyaan pengemudi. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dengan memberikan pengalaman yang lebih personal.

Biaya
AI juga dapat membantu mengurangi biaya produksi dan perbaikan kendaraan. Misalnya, Volkswagen menggunakan kecerdasan buatan untuk mengembangkan sistem yang mendeteksi cacat pada suku cadang mobil selama produksi. Tujuannya adalah untuk mengurangi biaya perbaikan sebesar 30%.