Otomotif China Menghadirkan Tentang Supercar Listrik YangWang

Otomotif China Menghadirkan Tentang Supercar Listrik YangWang

Otomotif China Menghadirkan Tentang Supercar Listrik YangWang – Perusahaan otomotif Tiongkok memperkenalkan supercar listrik YangWang U9 sebagai penantang Rimac Nevera, supercar listrik tercepat di Kroasia. YangWang, sub-brand mewah BYD Auto, membeberkan spesifikasi supercar listrik U9 yang diklaim lebih bertenaga.

Otomotif China Menghadirkan Tentang Supercar Listrik YangWang

Otomotif China Menghadirkan Tentang Supercar Listrik YangWang

rubiconraceteam – Menurut data yang ditampilkan, YangWang U9 akan memiliki empat motor listrik independen, satu di setiap roda, yang masing-masing akan menghasilkan 240 kilowatt, dengan total tenaga 960 kW atau 1.287 tenaga kuda. Itu lebih dari perkiraan 1.100 tenaga kuda ketika supercar listrik tersebut diumumkan pada Januari 2023.

Aplikasi MIIT juga mengungkapkan bahwa supercar Tiongkok ini akan berbobot 5.456 pon, yang cukup berat bahkan untuk kendaraan listrik. Sebagai perbandingan, Rimac Nevera lebih ringan dengan bobot 356 pon, meskipun penting untuk dicatat bahwa menurut spesifikasi terbaru, Nevera lebih kecil dari YangWang U9.

Nevera punya satu baterai lebih panjang dan lebih besar, setidaknya dari segi ukuran, karena hypercar Kroasia memiliki daya 120 kilowatt-jam. Sedangkan U9 menggunakan baterai BYD blade lithium iron phosphate (LFP) berkekuatan 100 kWh.

Namun, data resmi masa pakai baterai untuk WangYang U9 belum diumumkan saat ini. WangYang U9 diperkirakan memiliki jangkauan 435 mil (700 km), jauh melampaui jangkauan Nevera yang 340 mil (547 km).

WangYang U9 dikatakan memiliki kemampuan berlari dari 0 hingga 62 mph (0-100 km) hanya dalam dua detik. Rekor ini menjadikannya salah satu kendaraan listrik dengan akselerasi tercepat yang saat ini dipegang oleh Nevera.

Sorotan lain dari U9 termasuk sistem kontrol bodi DiSus-X, yang memungkinkan mobil super sport listrik ini melaju, melompat, dan menari dengan tiga roda. Sekilas ini tampak seperti tipuan pesta, namun ada kecerdikan teknis di balik ide tersebut.

Perusahaan mengklaim bahwa sistem ini dapat secara instan meningkatkan kekakuan hingga 200%, yang merupakan bodi yang luar biasa bentuknya memungkinkan kontrol di semua jenis skenario mengemudi. YangWang U9 akan memasuki pasar China tahun depan dengan banderol lebih dari satu juta yuan atau lebih dari $140.000 atau Rp 2,1 miliar.

Spesifikasi yang telah lama ditunggu-tunggu untuk BYD YangWang U9 siap produksi telah terungkap dan ternyata lebih bertenaga dari yang kita duga sebelumnya. Sampul YangWang U9 terungkap pada bulan Januari dan mobil tersebut baru-baru ini difilmkan selama tes pertamanya di trek balap.

Dibandingkan supercar, ukurannya cukup besar: panjang 4.966 mm (195,5 inci), lebar 2.029 mm (79.8 inci), dan tinggi 1.295 mm (50.9 inci). U9 juga memiliki jarak sumbu roda 2.900 mm (114,1 in), kapasitas yang diperlukan untuk menampung baterai besar 100 kWh di antara gandarnya. Paket ini diproduksi oleh FinDreams, anak perusahaan BYD.

Mobil ini ditenagai oleh empat motor listrik yang masing-masing berkekuatan 322 hp (240 kW). Semuanya menghasilkan 1.287 hp, lebih besar dari 1.100 hp yang direncanakan untuk U9. Meski ada yang berpendapat bahwa mobil ini tidak membutuhkan tenaga sebesar 1.287 tenaga kuda, namun bobotnya 2.475 kg (5.456 lbs).

 

Baca Juga : Daftar Game PlayStation 2 Terbaik Yang Menggugah Nostalgia

 

Ini membuatnya jauh lebih bertenaga dibandingkan mobil sport super dengan mesin pembakaran dan lebih berat sekitar 175 kg (386 lb) dibandingkan Rimac Nevera. BYD mengklaim ia dapat berakselerasi hingga 100 km/jam (62 mph) hanya dalam 2 detik dan mencapai kecepatan tertinggi 300 km/jam (186 mph).

Perusahaan juga mengklaim dapat menempuh jarak hingga 700 km (435 mil) dengan sekali pengisian daya menurut siklus pengujian di Tiongkok. Mungkin fitur paling menarik dari U9 adalah sistem suspensi khususnya.

BYD menyebutnya “Sistem DisusX” dan memberikan kontrol kompleks terhadap gerakan vertikal, lateral, dan longitudinal melalui sistem kontrol bodi peredam, sistem kontrol bodi hidraulik cerdas, dan sistem kontrol bodi udara cerdas.

Selain itu, YangWang U9 mempertahankan desain eksteriornya yang agresif, mirip dengan model konsep yang diluncurkan awal tahun ini. Lampu depan utama berbentuk melengkung dan besar serta dilengkapi bumper dinamis untuk memastikan aerodinamis maksimal. Belum lagi saluran masuk udara yang besar di bagian samping dan ciri khas atap miring yang menambah kemampuan akselerasi kendaraan.

 

Otomotif China

 

Fitur yang ada pada U9 juga cukup luas dan menarik, termasuk sistem suspensi khusus bernama Disus-X. Teknologi ini dapat memberikan kontrol kompleks terhadap gerakan vertikal, melintang, dan memanjang melalui sistem kontrol bodi redaman.

sistem kontrol bodi hidraulik cerdas, dan sistem kontrol bodi pneumatik cerdas. Bahkan, kendaraan ini mampu melaju dengan tiga roda dan tampil tetap stabil di berbagai kondisi jalan.

YangWang U9 akan memasuki pasar lokal sebagai supercar dengan dukungan dan performa menarik. Meski demikian, pihak pabrikan tetap memposisikan U9 sebagai supercar budget, kabarnya BYD memasarkannya dengan harga sekitar 1 juta yuan atau sekitar Rp 2,1 miliar. Berkat desain dan fitur U9, jelas ini akan menjadi pasar baru, khususnya bagi pecinta supercar listrik. Selain di China, saat ini BYD sudah mulai memasarkan produk andalannya di berbagai negara seperti Jepang, Thailand, dan Amerika.

Keunggulan Mobil Listrik BYD Yang Tidak Dimiliki Merek Lain

Tren mobil listrik semakin meningkat di Indonesia. Sejumlah pabrikan mobil pun turut menghadirkan andalannya.

Baru-baru ini, sebuah perusahaan Tiongkok, BYD, akan menggerakkan kompetisi mobil listrik negara itu mulai tahun depan. Untuk bisa bersaing dengan mobil listrik lainnya, BYD punya strategi tersendiri agar produk yang diperkenalkannya mendapat respon positif. Sebab saat ini banyak sekali model mobil listrik di Indonesia.

Presiden dan Direktur PT BYD Motor Indonesia Eagle Zhou memastikan BYD memiliki kelebihan yang tidak dimiliki pabrikan lain. Saya dapat mengatakan bahwa kami memiliki teknologi canggih di kantor pusat yang dapat dilihat oleh rekan-rekan ketika mereka memiliki kesempatan,” kata Zhou saat berkunjung ke kantor SINDOnews, Selasa (12 Mei 2023).

BYD memiliki keunggulan yaitu BYD merupakan produsen baterai litium terbesar kedua di dunia “Dunia dan satu-satunya pabrikan mobil yang dilengkapi baterai, motor listrik (dinamo), dan platform (EV),” ujarnya.

BYD adalah perusahaan teknologi yang bergerak di bidang elektronik. Bisnis otomotif kini menjadi anak perusahaan BYD AUTO yang memiliki pabrik baterai terbesar kedua di dunia. Banyak merek yang secara aktif memasuki segmen kendaraan listrik, namun kami ingin memberikan gambaran kepada semua orang bahwa teknologi kendaraan listrik dapat diterima.Kami yakin dengan tren ini. “Ini adalah keunggulan dan pembeda antara BYD dengan merek yang lain,” kata Zhou.

Sebagai perusahaan teknologi, Zhou menekankan bahwa BYD fokus pada pengembangan fokus pada teknologi keamanan untuk produk yang diciptakannya. Bahkan, mereka telah mengembangkan baterai yang tidak mudah terbakar. Kami ingin menyadarkan masyarakat akan keunggulan kendaraan listrik dan baterai kami. “Kami menganggap keselamatan sebagai prioritas utama konsumen dan ingin menawarkan produk yang berkelanjutan dan tahan lama.