Ketahui Tipe Dan Harga Mobil Rubicon Terbaru

Ketahui Tipe Dan Harga Mobil Rubicon Terbaru

Ketahui Tipe Dan Harga Mobil Rubicon Terbaru – Jeep merupakan merek mobil yang sangat populer di segmen SUV. Pabrikan mobil asal AS ini menjadi pilihan populer untuk digunakan dalam aktivitas off-road di berbagai permukaan jalan.

Ketahui Tipe Dan Harga Mobil Rubicon Terbaru

Ketahui Tipe Dan Harga Mobil Rubicon Terbaru

rubiconraceteam – Performa dan tampilan mobil Jeep sangat cemerlang dan kokoh sehingga cocok untuk dikendarai di jalanan ekstrim. Oleh karena itu, banyak pria yang bermimpi mengendarai mobil jeep untuk menambah kesan maskulinnya.

Salah satu model Jeep yang paling populer adalah Jeep Wrangler Rubicon. Model ini menjadi andalan jajaran Jeep Wrangler generasi terbaru. Namun saat ini, istilah “Rubicon” sering digunakan secara tidak tepat.

Apa sebenarnya mobil Rubicon itu? Varian mobil garang ini akan dibahas Qoala pada artikel kali ini, dimulai dengan membahas pengertian, spesifikasi, tipe dan harga mobil Rubicon.

Sekilas mobil Rubicon

Mungkin banyak orang menyebut Jeep Wrangler Rubicon karena nama varian Rubicon yang begitu kuat. Namun hal tersebut belum tentu benar, karena pada kenyataannya tidak semua Jeep Wrangler merupakan Rubicons, sedangkan Rubicon merupakan varian dari Jeep Wrangler.

Belakangan ini Jeep Rubicon menjadi sebutan masyarakat Indonesia untuk mobil Jeep macho yang tampilannya seluruhnya bernuansa boxy, klasik, dan modern Amerika. Padahal kendaraan SUV yang diproduksi Jeep merupakan varian dari Jeep Wrangler.

Sekarang Rubicon sendiri menjadi salah satu varian yang mewakili kelas andalan atau tertinggi dari Jeep Wrangler. Selain Rubicon, ada varian Jeep Wrangler lainnya seperti Jeep Wrangler Sahara dan Sport.

Kalau kita menengok ke belakang, sebelum Rubicon keluar, orang Indonesia menyebut nama Jeep Wrangler. Hingga akhirnya dirilis produk andalannya yang merupakan penerus Jeep CJ7 yang hadir pada tahun 1945 hingga 1986, sebagian Jeep Wrangler disebutkan dalam namanya.

Sedangkan untuk Wrangler sendiri, Jeep mulai memperkenalkannya ke pasar internasional pada Februari 1986 di Chicago Auto Show dengan inisial YJ. Keberadaan mobil ini bertahan hingga Desember 1995, sebelum akhirnya digantikan oleh Wrangler TJ yang muncul pada Januari 1996 hingga Juli 2006.

Kemudian dilanjutkan dengan kemunculan JK yang menggantikan TJ mulai Agustus 2006 pada April 2018. Kemudian Jeep The Wrangler generasi terbaru diberi inisial JL dan dijual mulai November 2017 hingga saat ini. . Penghuni generasi terbaru ini adalah Rubicon varian tertinggi, serta Sahara dan Sport.

Untuk memperluas penawaran off-roadnya, Jeep telah melengkapi andalan ini dengan sistem Rock-Track 4×4. Fitur standar pada kendaraan Rubicon ini memberikan kontrol dan torsi lebih besar yang sangat berguna saat berkendara di medan kasar, serta rasio gigi rendah 4:1.

Dari segi fitur keselamatan, mobil Rubicon dilengkapi dengan deteksi titik buta dan jalur silang, serta bantuan rem canggih dengan peringatan tabrakan ke depan kecepatan penuh. Untuk kenyamanan maksimal, juga terdapat pengatur suhu AC otomatis yang membantu menjaga suhu sejuk di dalam kabin tetap stabil.

Jenis mobil Rubicon

Jika kita mengacu pada asumsi orang yang pada umumnya menggambarkan Jeep Wrangler maskulin , dengan desain kotak-kotak klasik dengan kesan modern sentuhan pada mobil Rubicon, oleh karena itu Sport dan Sahara dapat digolongkan sebagai mobil Rubicon. Jenis-jenisnya adalah sebagai berikut:

1. Jeep Wrangler Rubicon

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Rubicon wagon dapat dengan mudah dikenali dari tulisan “Rubicon” di sisi kiri dan kanan kap mesin. Ada dua tipe mobil Rubicon yang dijual di pasaran, yakni tipe dua pintu dan empat pintu (unlimited).

Dimensi antara kedua model berbeda, Rubicon dua pintu berukuran panjang .223 mm, lebar 1.873 mm, dan tinggi 1.825 mm. Dimensi versi empat pintunya adalah panjang .751 mm, lebar 1.877 mm, dan tinggi 1.865 mm.

Meski dimensinya berbeda, kedua varian Rubicon punya ground clearance tinggi yang sama. Hal ini membuat versi 2 atau 4 pintu sangat cocok untuk penggunaan off-road dan merupakan kendaraan yang cocok untuk berbagai permukaan jalan.

2. Jeep Wrangler Sport

Berikut ini adalah varian Jeep Wrangler Sport yang sering salah disebut mobil Rubicon. Varian merek mobil mewah ini merupakan varian Jeep Wrangler yang paling sederhana. Jika Jeep on the road merupakan varian sport, Anda dapat membedakannya secara langsung dari stiker di bagian belakang spatbor depan dan juga dari velg baja hitam gloss berukuran 17 inci.

Mirip dengan Jeep Wrangler Rubicon, Jeep Wrangler Sport juga dipasarkan dalam dua varian yakni varian 2 pintu dan 4 pintu. Mobil ini mengusung mesin 2.0 liter turbocharged yang mampu menghasilkan tenaga hingga 270 tenaga kuda pada 5.250 rpm. Transmisi otomatis 8 percepatan kemudian menyalurkan tenaga tersebut.

Mobil liar ini juga dilengkapi dengan sistem Command-Trac 4WD, sistem penggerak empat roda yang lebih standar yang juga didukung dengan fungsi Trac-Lok. Namun, di dalamnya Anda akan menemukan jok berlapis kain.

3. Jeep Wrangler Sahara

Jeep Wrangler Sahara merupakan model yang dikembangkan untuk kelas menengah antara Sport dan Rubicon. Jadi dari segi mesin, tipe ini tidak berbeda dengan Wrangler Sport, namun memiliki tampilan berbeda untuk memuaskan kelas menengah.

Cara termudah untuk mengidentifikasi Jeep Wrangler Sahara adalah dengan logo Sahara yang ditempatkan khusus untuk mengidentifikasi kendaraan tersebut. Logo tersebut terpampang di pintu belakang dan juga di kursi penumpang.

Jeep Wrangler Sahara alias Unlimited empat pintu memiliki roda berdiameter 18 inci dan aluminium poles. Bagian dalam velg dilapisi warna “Granite Crystal” dan warna spatbornya serasi dengan bodi termasuk atap. Berbeda dengan Rubicon yang didesain untuk menjelajah medan off-road, tipe ini lebih cocok dijadikan SUV perkotaan.

4. Jeep Gladiator Rubicon

Gladiator Rubicon merupakan tipe Jeep Wrangler terbaru yang diluncurkan pada tahun 2020. Mobil ini bisa dinamakan sebagai versi pikap dari mobil Rubicon. Tentunya kendaraan ini memiliki berbagai keistimewaan yang unik untuk bersaing di pasar terkini.

Misalnya penggunaan velg aluminium kristal granit berdiameter 17 inci dan pinggirannya dipoles. Namun di lintasan, mesin liar ini ditenagai mesin Pentastar V6 3,6 liter. Kehadiran mesin ini memungkinkannya mengembangkan tenaga maksimal hingga 285 tenaga kuda yang tenaganya disalurkan melalui transmisi otomatis 8 percepatan.

Daftar Harga Mobil Rubicon Terbaru

Yang tidak kalah penting adalah mengetahui berapa harga Jeep Rubicon terbaru agar pihak yang berkepentingan diantara Anda bisa mendapatkan perkiraannya. Nah, berikut Qoala jabarkan perkiraan harga setiap mobil yang “dianggap” masyarakat sebagai mobil Rubicon:

  • Harga mobil Rubicon terbaru saat ini berkisar Rp 1,9 miliar
  • Harga Wrangler Sport saat ini berkisar Rp 1,56 miliar untuk varian dua pintu, sedangkan versi empat pintu Rp 1,67 miliar.
  • Namun untuk Jeep Wrangler Sahara, harga versi empat pintunya berkisar Rp 1,78 miliar.
  • Untuk Jeep Wrangler terbaru dan premium di kelasnya yaitu Jeep Gladiator Rubicon, harga barunya Rp 2,18 miliar.

Baca juga : Fakta Unik Tentang Mobil Yang Belum Banyak Diketahui

Harga mobil bekas Rubicon

Melihat harga mobil Rubicon di atas mungkin Anda akan terkesima, apalagi jika Anda bukan termasuk golongan menengah ke atas. Namun jika Anda ingin menawarkan salah satu mobil Rubicon, ada alternatif lain yaitu membeli mobil bekas.

Namun harga mobil bekas Rubicon di tahun 2021 masih terlalu mahal, misalnya Jeep Wrangler Gladiator Rubicon yang belum turun dari 2 Miliar. maka karena itu, Anda dapat membeli mobil Rubicon yang lebih tua. Berikut daftar harganya:

Jeep Wrangler Sport

1. Versi 2011, harga bekas: Rp 698 juta

2. Versi 2010, bekas harga : Rep.675 juta

Jeep Wrangler Rubicon

1. Versi 2007, harga bekas : Rp 615 juta

2. versi 2012, harga bekas Rp 790 juta

3. versi 2013, harga bekas: Rp 1,2 miliar

4. versi 2018, harga bekas: Rp 1,4 miliar

5. versi 2020, harga bekas : Rp 1,8 Miliar

Namun harga mobil bekas Rubicon di atas bisa berubah sewaktu-waktu. Namun setidaknya Anda sudah mempunyai gambaran mengenai perkiraan sumber daya yang perlu Anda persiapkan.

Tipe Dan Harga Rubicon

Spesifikasi mobil Rubicon

Tidak lengkap rasanya membicarakan sebuah mobil tanpa mendalami spesifikasinya. Di bawah ini adalah spesifikasi mobil Rubicon yang dibahas dari segi performa, eksterior, interior, fitur keselamatan, dan irit bahan bakar.

Performa Mobil Rubicon

Rubicon 2022 menggunakan mesin bensin 1.995cc, 4 silinder, 4 katup dengan DOHC pada mesinnya, berbeda dengan Rubicon 2015 yang memiliki mesin 3,0 L Vg Pentastar. Tenaganya sendiri bisa mencapai maksimal 270 hp dengan torsi 400 Nm. Tenaga mesin tersebut kemudian disalurkan melalui transmisi otomatis 8 percepatan.

Sebagai mobil off-road, mobil Rubicon tentunya dibekali suspensi yang sangat baik. Kendaraan ini dilengkapi teknologi Tru Lok yang dipasang pada roda depan dan belakang. Teknologi ini membantu mengunci roda untuk traksi yang lebih baik.

Baca juga : Simak Kelebihan Dan Kekurangan Jeep Wrangler Rubicon

Tampilan Eksterior Mobil Rubicon

Jeep Wrangler Rubicon ditawarkan di pasaran dalam dua varian, yakni versi dua pintu dan empat pintu. Sekilas kedua varian ini tampil liar dan mewakili kendaraan yang siap digunakan di permukaan jalan berbeda. Keduanya juga memiliki ground clearance yang tinggi sebagai tumpuan yang seharusnya dimiliki sebuah kendaraan off-road.

Jumlah pintu yang disediakan tampaknya mempengaruhi dimensi. Versi 2 pintu memiliki dimensi lebih kecil dengan panjang 4.223 mm, lebar 1.873 mm, dan tinggi 1.825 mm. Sedangkan dimensi versi 4 pintunya adalah panjang 4.751 mm, lebar 1.877 mm, dan tinggi 1.865 mm.

Bagi Anda yang berjiwa petualang, tampilan Jeep Wrangler Rubicon versi dua pintu mungkin akan lebih menarik dibandingkan versi empat pintunya. Pasalnya, tampilan luar mobil Rubicon dua pintu ini terlihat lebih liar namun tetap terasa mewah.

Sedangkan untuk velg, ban mobil Rubicon berukuran 245/75 R17, sedangkan velgnya menggunakan velg 17 inci. Versi empat pintu ditawarkan dalam sembilan pilihan warna berbeda: Silver, Billet Silver, Black, Bright White, Granite Crystal Metallic, Clear Bikini, String Grey, Ocean Blue Metallic, Hellayella, dan Firecracker Red.