Toyota Indonesia Berencana Menjual Hilux Rangga Tahun Depan

Toyota Indonesia Berencana Menjual Hilux Rangga Tahun Depan

Toyota Indonesia Berencana Menjual Hilux Rangga Tahun Depan – PT Toyota Astra Motor (TAM) mengumumkan akan menggunakan nama Hilux Rangga untuk truk pikap barunya yang rencananya akan diluncurkan pada awal tahun 2024. Ini berbeda dengan Thailand, di mana istilah “Hilux Champ” digunakan untuk model yang sama. Toyota menggunakan nama Rangga karena mobil ini masih berupa konsep.

Toyota Indonesia Berencana Menjual Hilux Rangga Tahun Depan

Toyota Indonesia Berencana Menjual Hilux Rangga Tahun Depan

rubiconraceteam – Toyota sudah beberapa kali menghadirkannya sebagai Rangga Concept, misalnya di Gaikindo Indonesia International Auto Show 2023 (GIIAS) Agustus lalu. Hal serupa juga berlaku saat mobil tersebut hadir di tengah Japan Mobility Show 2023. Saat resmi diluncurkan di Thailand pada November lalu, Namun, namanya Hilux Champ. Nama Rangga dipinjam dari salah satu varian kijang lama yang populer di Indonesia.

Toyota telah resmi mengonfirmasi Rangga Concept akan diluncurkan di Indonesia tahun depan. Model kendaraan komersial berdesain asli ini barubaru ini diperkenalkan ke pasar Thailand sebagai Hilux Champ. Untuk pasar Indonesia, Toyota akan tetap mempertahankan sentuhan lokal pada namanya.

“Kami akan meluncurkan produk ini awal tahun depan. Ini adalah bagian dari seri IMV (kendaraan multifungsi internasional yang inovatif). Namanya All New Hilux Rangga,” kata Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi di acara Media Gathering Akhir Tahun Toyota, Selasa (12/12/2023).

Anton menambahkan, saat ini pihaknya sedang berupaya menghadirkan kendaraan serba guna tersebut ke Indonesia. Persiapan meliputi faktor pendukung seperti dealer, paket kepemilikan, purna jual dan konversi. Termasuk juga menawarkan kepada calon konsumen di industrishop untuk mempelajari terlebih dahulu produk ini agar dapat disesuaikan dengan regulasi nasional.

“Ini jadi bukti keseriusan Toyota menjajaki pasar komersil. Kita sudah punya Hiace, Hilux 4×4, dan kini 4×2, kata Anton. Sayangnya, Anton belum mau membeberkan sisi teknis yang dihadirkan pada Hilux Rangga anyar tersebut. Mungkin tak jauh berbeda dengan yang sudah ditawarkan di Thailand.

Produk yang diluncurkan di Siam ini menawarkan tiga varian: 2.0 liter bensin, 2.4 liter diesel, dan 2.7 liter bensin dengan pilihan transmisi manual dan otomatis. Toyota juga menawarkan berbagai langkah untuk memenuhi kebutuhan komersial konsumen.

Fitur yang ditawarkan antara lain dual speaker entertainment, ABS, EBD, struktur GOA, steel side beam, SRS airbag, dan sabuk pengaman tiga titik sebagai standar.Harga mulai dari 459.000 baht Thailand atau sekitar Rp 203 juta hingga 577.000 baht Thailand atau sekitar Rp 255 juta.

Beberapa waktu lalu, konsep Toyota Rangga juga sempat dipamerkan di Japan Mobility Show 2023. Kendaraan inilah yang menjadikan Kijang Pick Up sebagai model di sektor bisnis dan retail. Harapannya, kendaraan modern multifungsi ini dapat menunjang berbagai kebutuhan mobilitas di wilayah yang sulit dijangkau.

Harga Toyota Hilux Rangga Lebih Murah
Kehadiran Hilux Rangga di Indonesia tahun depan sangat berpeluang besar menggantikan Hilux posisi kabin tunggal. Saat ini sebagian besar terdapat varian dengan penggerak 4×2.

Menurut situs Toyota, model ini merupakan truk pikap Toyota termurah yang dijual saat ini, mulai dari Rp 281,9 juta. Anton menyatakan harga Hilux Rangga akan lebih murah. Sekarang ada Hilux Single Cabin dengan 4×2 dan 4×4. “4×4 akan terus, 4×2 pasti otomatis memilih karena harganya lebih murah,” ujarnya.

Baca juga : Rekomendasi Game PS1 Terbaik Dan Legendaris

Berikut spesifikasi Hilux baru di Thailand:

  • Tipe: 1TR FE 4 silinder segaris DOHC 16 katup Dual VVTi
  • Kapasitas perpindahan: 1.998 cm³
  • Tenaga: 139 HP / 5.600 rpm
  • Torsi: 183 Nm / 4.000 rpm
  • Transmisi: manual

  • Tipe: 2TRFE 4 silinder segaris DOHC 16 katup, dual VVTi
  • Perpindahan: 2.694 cm³
  • Tenaga: 166 HP / 5.200 rpm
  • Torsi : 245 Nm / 4.000 rpm
  • Transmisi : otomatis

  • Tipe : 2GD FTV 4 silinder masuk saluran, 16 katup, turbo DOHC VN dan intercooler
  • Kapasitas perpindahan: 2.393 cm³
  • Tenaga: 150 HP / 3.400 rpm
  • Torsi : 343 Nm / 1.4002.800 rpm atau 400 Nm / 1.600 2.000 rpm
  • Transmisi : manual dan otomatis

Toyota Indonesia Berencana Menjual Hilux Rangga

Spesifikasi Toyota Rangga
Untuk spesifikasi Toyota Rangga sendiri Es Dua pilihan mesin dilaporkan tersedia dan terintegrasi. Pilihannya berkisar dari mesin bensin dan diesel yang saat ini terpasang di Toyota Hilux.

Meski spesifikasi Toyota Rangga mirip dengan Toyota Hilux, diperkirakan akan dijual dengan harga lebih murah. Sebagai informasi, Toyota Hilux memiliki versi kabin tunggal dengan mesin 2.000 cc empat silinder DOHC 1TR-FE dengan dual VVT-i.

Tenaga yang dihasilkan mesin ini sebesar 139 HP atau setara 137 TK pada 5.600 rpm dan torsi 183,3 Nm pada 4.000 rpm. Dari segi spesifikasi, performa ini sudah pasti cocok untuk kendaraan niaga.

Spesifikasi Toyota Rangga versi diesel
Selain mesin bensin, juga akan ada varian bensin untuk Toyota Rangga. Merujuk pada Toyota Hilux, mobil tersebut menggunakan mesin 2-GD-FTV yakni mesin 2.400 cc DOHC dengan intercooler VNT.

Dengan mesin tersebut, tenaga yang dihasilkan sebesar 149,6 tenaga kuda atau setara 147,5 TK pada 3.400 rpm dan torsi 343,2 Nm pada 1.400-2.800 rpm. Namun ini hanyalah prediksi dan kita masih harus menunggu peluncuran resminya untuk mengetahuinya.

Arti Nama Toyota Rangga
Nama Rangga sendiri berasal dari budaya Indonesia pusaka yang terinspirasi dari bahasa jawa yaitu “Ronggo”. Nama “Ronggo” sendiri mempunyai arti yang melambangkan seorang ksatria atau pahlawan.

Dengan arti nama tersebut, diharapkan kehadiran Rangga sebagai pahlawan dalam mendukung para pebisnis di Indonesia semakin kuat. Mobil konsep ini diyakini bisa menjadi solusi tepat untuk membantu meningkatkan perekonomian nasional.

Rangga mengingatkan kita pada kendaraan serba guna Toyota IMV 0 yang dipamerkan di ajang GIIAS 2023. bentuk kendaraan utilitas menjadi. Dengan tipe yang sangat berbeda-beda seperti mobile home, dining car dan lain sebagainya.

Hal tersebut juga kembali ditegaskan oleh Direktur Pemasaran PT Toyota-Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy. Anton mengatakan Rangga diharapkan dapat mewujudkan value chain dalam ekosistem masyarakat.

Kami juga berharap Toyota dapat menghadirkan lebih banyak solusi mobilitas untuk semua orang di tahun ini, salah satunya adalah Rangga di GIIAS.

Toyota Rangga terinspirasi dari Kijang Kapsul Gen-4
Rangga terinspirasi dari Kijang Kapsul generasi keempat pada tahun 1997, dan nama Rangga sendiri dalam bahasa Jawa berarti “pahlawan” atau pahlawan, yang menurut Toyota mewakili kekuatan dan keuletan.

Dalam hal ini, Rangga Concept bertujuan untuk menjadi pahlawan bagi para pelaku bisnis di Indonesia dengan memberikan solusi yang andal dan berkelanjutan serta berkontribusi terhadap perekonomian nasional.

Sama seperti Kijang Pick Up yang sebelumnya berhasil menembus industri otomotif, Rangga Concept juga menggandeng perusahaan lokal dan mitra industri untuk menciptakan inovasi yang lebih baik.

“Dalam ekosistem ini, kami mengintegrasikan rantai nilai yang berbeda, mulai dari konversi yang dilakukan oleh bengkel lokal hingga solusi pembiayaan dan layanan purna jual yang disesuaikan dengan kebutuhan Anda.” “Sebagai pahlawan, Rangga diharapkan mampu adalah memberikan solusi yang beragam bagi semua orang dan membantu lebih banyak orang mencapai hasil yang memuaskan,” kata Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT Toyota-Astra Motor (TAM).

Toyota telah memperkenalkan berbagai solusi dengan mengubah Konsep Rangga menjadi GIIAS. Model konversi tersebut adalah Rangga Concept Mobile Café, Rangga Concept Ambulance, Rangga Concept EV Mobile Service, dan Rangga Concept Pace Car.

Toyota juga berkomitmen memfasilitasi konsultasi langsung dengan pelanggan untuk memberikan solusi konversi konsep Rangga yang disesuaikan dengan kebutuhan bisnis.