Fakta Unik Tentang Mobil Yang Belum Banyak Diketahui

Fakta Unik Tentang Mobil Yang Belum Banyak Diketahui

Fakta Unik Tentang Mobil Yang Belum Banyak Diketahui – Ketika mendengar kata mobil, mungkin banyak orang yang langsung teringat dengan kendaraan roda empat. Apalagi saat ini, mobil sudah menjadi kebutuhan primer bagi sebagian besar masyarakat, terutama bagi masyarakat dengan mobilitas tinggi.

Fakta Unik Tentang Mobil Yang Belum Banyak Diketahui

Fakta Unik Tentang Mobil Yang Belum Banyak Diketahui

rubiconraceteam – Sebagai alat transportasi, mobil dapat membawa Anda ke tempat wisata atau kota yang jaraknya cukup jauh dari rumah Anda. Selain itu, mobil modern masa kini juga dilengkapi dengan fitur-fitur yang memberikan Anda kenyamanan lebih, seperti: B. MP3 player, AC, dll.

Meski mobil sudah menjadi salah satu alat transportasi utama, namun masih banyak masyarakat yang belum mengetahui fakta menarik dari kendaraan bermotor ini. Selanjutnya, cek seberapa dalam pengetahuan Anda tentang mobil dengan membaca uraian fakta menarik seputar mobil berikut ini.

1. Asal muasal kata mobil

Tahukah Anda bahwa kata “automobile” yang mengacu pada kendaraan bermotor roda empat, sebenarnya berasal dari dua kata dalam dua bahasa berbeda? “Mobil” sebenarnya merupakan singkatan dari kata “automobile” yang dalam terjemahan bahasa Indonesia berarti kendaraan yang bergerak dengan tenaganya sendiri.

Tampaknya “automobile” terdiri dari dua kata: “car” dari bahasa Yunani dan “mobile” dari bahasa Perancis. Hal ini tentu merupakan fakta yang mencengangkan. Banyak dari Anda juga yang mengira kata ini berasal dari bahasa Inggris. Sebaliknya, kata car yang dalam bahasa Inggris berarti mobil, berasal dari bahasa Latin, yaitu. H. carrus , artinya kereta roda dua.

2. Penemu automobile pertama

Tahukah Anda siapa penemu mobil? Seorang perancang mesin Jerman bernama Karl Benz adalah orang pertama yang dianggap sebagai penemu mobil. Cikal bakal mobil ini dirancang dan dikembangkan oleh Benz pada tahun 1885. Bentuk mobil ini tentu jauh berbeda dengan tampilan mobil modern saat ini. Secara visual, mobil ini lebih mirip becak atau gerobak yang ditopang tiga roda berukuran besar. Mobil ciptaan Benz ini merupakan mobil pertama yang bergerak dengan menghasilkan energi dari mesin. Saat itu mobil tersebut bernama Benz Patent Motorwagen.

Performa berkendara mobil ini tentu jauh lebih lambat dibandingkan mobil modern. Mobil ini hanya mampu mencapai kecepatan 16 km/jam. Namun, kecepatan ini dianggap terpuji pada saat itu. Sejak saat itu, semakin banyak penemu yang menyempurnakan penemuan Benz dan mengembangkannya menjadi mobil yang kita kenal sekarang.

Baca juga : Memahami Otomotif Dan Komponennya

3. Penyempurna mobil hingga menjadi bentuk yang sekarang?

Pasti penasaran ingin tahu siapa saja orang yang mampu mengembangkan konsep Karl Benz hingga menjadi mobil seperti yang kita kenal sekarang? Semua berkat Henry Ford yang menciptakan mobil berbentuk huruf T pada tahun 1908.

Mobil bermerek Ford ini merupakan mobil pertama yang diproduksi dan dijual secara massal. Model T yang dirancang oleh Henry Ford ditiru oleh pabrikan mobil lain hingga tahun 1916.

4. Perjalanan jauh pertama kali dengan menggunakan automobile

Mobil tersebut telah digunakan untuk perjalanan jarak pendek selama beberapa tahun. Namun pada bulan Agustus 1888, istri Karl Benz, Bertha Benz dan kedua anaknya melakukan perjalanan jarak jauh pertama mereka. Perjalanan jarak jauh ini mereka lakukan dengan mobil dari Mannheim, yang berada di ujung selatan Jerman, menuju kota Pforzheim. Sejak itu, semakin banyak orang yang beralih dari kereta kuda ke mobil untuk perjalanan jarak jauh.

5. Amerika Serikat menjadi awal adanya lampu lalu lintas elektrik yang pertama

Segera setelah mobil tersebar luas di kalangan penduduk, pihak berwenang memutuskan untuk memasang lampu lalu lintas listrik pertama di Ohio, AS. Lampu listrik dibangun di ujung Euclid Avenue dan sebelah timur 105th Street di Cleveland. Lampu lalu lintas pertama kali dioperasikan pada tahun 1914. Sementara itu, rambu jalan bertuliskan “Tolong Jangan Belok Kiri” pertama kali diperkenalkan di New York City pada tahun 1916.

Fakta Unik Tentang Mobil

6. Ada berapa banyak mobil di dunia?

Tahukah anda berapa jumlah mobil yang ada di dunia saat ini? Menurut Pusat Penelitian Bernstein, saat ini terdapat lebih dari 1,2 miliar mobil yang beredar di seluruh dunia. Hal ini tentunya merupakan peningkatan angka yang sangat signifikan dibandingkan dengan jumlah mobil pada tahun 1986.

Hanya terdapat sekitar 500 juta mobil di jalan pada tahun tersebut. Raksasa mobil Jepang Toyota sendiri memproduksi total lebih dari 3 miliar mobil pada tahun 2014. Diperkirakan akan ada lebih dari 2 miliar mobil di jalan pada tahun 2040.

Baca juga : Saling Pamer Mobil Listrik Suzuki Dan Toyota Di JMS 2023

7. Adanya mobil manual merupakan hal yang asing di Amerika Serikat

Di Negeri Paman Sam, warga akan kesulitan mengoperasikan sistem transmisi manual pada mobilnya. Oleh karena itu, hingga 95% mobil AS menggunakan transmisi otomatis. Hal ini sangat berbeda dengan mobil pabrikan Eropa dan Jepang yang menggunakan sistem transmisi manual.

8. Mengendarai di sebelah kanan atau sebelah kiri?

Jika Anda berada di Amerika Serikat, aturan mengemudi di sebelah kiri sudah menjadi hal yang lumrah dan dihormati oleh semua warga negara. Namun, hal tersebut terbalik total ketika Anda mengunjungi negara lain (khususnya Indonesia).

Indonesia sendiri menganut aturan mengemudi di sisi kanan. 65% negara di seluruh dunia juga mematuhi peraturan ini. Tak heran jika banyak warga AS yang merasa gugup saat pertama kali bepergian ke luar negeri.

9. Sebagian besar jenis mobil dapat didaur ulang

Seiring dengan meningkatnya produksi mobil, tantangan dalam mengelola sampah dari mobil yang tidak lagi digunakan menjadi semakin besar. Namun tahukah Anda bahwa 80% mobil di dunia saat ini dapat didaur ulang? Anda bisa mengambil contoh Amerika Serikat.

Di negara ini, 12 juta kendaraan didaur ulang setiap tahunnya. Daur ulang otomotif telah menjadi salah satu industri dengan pertumbuhan tercepat di Amerika Serikat. Hal ini tentu bisa ditiru oleh masyarakat Indonesia. Apalagi mengingat daya konsumsi masyarakat terhadap produk otomotif cukup tinggi.

Baca juga : Ketahui Tipe Dan Harga Mobil Rubicon Terbaru

10. Putih adalah warna mobil terfavorit

Tahukah Anda mengapa sebagian besar mobil memiliki warna dasar putih? Ternyata hal tersebut berdasarkan studi tahun 2013 yang dilakukan oleh sebuah lembaga penelitian di Australia tentang warna mobil yang paling disukai masyarakat di sana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa warna putih merupakan warna yang paling unggul diantara warna lainnya.

Pasalnya, putih merupakan warna yang mudah menarik perhatian sehingga kecil kemungkinan mobil ini mengalami kecelakaan. Selain itu, mobil berwarna putih juga sangat digemari sehingga mobil dengan warna tersebut jarang menarik perhatian pencuri. Bagaimana menurutmu?

11. Jeda 3 detik sebelum kecelakaan mobil terjadi

Kecelakaan mobil sering terjadi dengan sangat cepat dan juga tidak terduga. Bahkan, jika pengemudi kurang perhatian, akan terjadi jeda selama 3 detik sehingga menyebabkan kecelakaan. Itu sebabnya pengemudi harus berkonsentrasi penuh saat berkendara.

Aktivitas yang mengalihkan perhatian pengemudi dapat meningkatkan risiko terjadinya kecelakaan. Misalnya saja bermain-main dengan smartphone untuk membalas chat sambil mengemudi dapat meningkatkan risiko kecelakaan hingga 23 kali lipat. Jadi berhati-hatilah, oke?